Sabtu, 23 Maret 2013

SUBUH KELILING DI MASJID AN NUR BUKIT SENANG
KECAMATAN KARIMUN

Program Kementerian Agama RI GM3 (Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji) sesuai yang diarahkan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Kepri, Drs. H. Handarlin H. Umar, direalisasikan melalui kegiatan Subuh Keliling (Suling) dan Magrib Keliling (Maling).
Di Kabupaten Karimun kegiatan ini selalu digalakkan oleh Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Bapak Drs. H. Afrizal. M.M.Pd, setiap malam Jum'at Magrib Keliling dan Setiap Ahad Subuh Keliling. secara bergiliran di masjid-masjid di Pulau Karimun.
Sebagaimana Subuh ini (24-3-2013), Suling dilaksanakan di Masjid An Nur Bukit Senang Kecamatan Karimun, tampak hadir pada pelaksanaan subuh keliling ini, Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Drs. H. Afrizal, Bapak Kepala Sub Bag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Drs. H. Jamzuri, Bapak Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah , Drs. H. Samsudin, Kasi Bimas Islam, Drs. Kholif Ihda Rifai, Kepala KUA Kecamatan Karimun, H. M. Yusuf, S.Ag. Dari Madrasah tampak hadir Drs. Nurbit Siman Kepala MTs Yaspika, dan hadir pegawai dijajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, ormas BKPRMI, PMKK serta jamaah masjid An Nur.
Kegiatan subuh ini, diawali dengan sholat subuh berjamaah, yang bertindak selaku imam Bapak Drs. H. Samsudin, setelah sholat berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan acara yang dipandu oleh Sufriadi, S.HI.
Acara diwali dengan sambutan dari Ketua Pengurus Masjid An Nur, Bapak H. Muhammad Amin Mat, Dalam sambutannya Bapak H. Muhammad Amin Mat, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun tersebut. dan berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat silaturrahmi dan yang terpenting menumbuhkan sikap gemar berjamaah bagi masyarakat muslim di sekitar Masjid An Nur.
Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan al Quran oleh Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun kepada Pengurus Masjid An Nur yang langsung diterima oleh Bapak H. Muhammad Amin Mat. 
Sebagai puncak acara tausiah, yang pada kesempatan ini di sampaikan oleh Ust. M. Samsul Arif, S.HI, staf Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.
Dalam tausiahnya, Ust. Arif kembali mengingatkan tentang nasihat yang pernah disampaikan oleh Imam al Ghazali kepada murid-muridnya, tentang 6 perkara.
1. Yang sangat dekat dengan manusia "Kematian", 2. yang sangat jauh "Masa lalu, 3. Yang sangat besar "Nafsu" 4. yang sangat berat "Memegang Amanah" 5. Yang sangat ringan "Meninggalkan sholat" 6. yang sangat tajam "lidah".
Dengan Ulasan yang cukup gamblang, Ust. Arif menegaskan untuk selalu mempergunakan waktu untuk beribadah mempersiapkan kematian, karena hidup adalah amanah, untuk itu harus pandai mengarahkan nafsu dan selalu menjaga sholat terutama secara berjamaah serta menjaga lisan.
Kemudian acara ditutup dengan mencicipi sajian yang disediakan oleh Pengurus Masjid An Nur Bukit Senang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar